Kamis, 11 Oktober 2012

CARA MEMASANG BATU BATA



1.         LINGKUP PEKERJAAN
Pasangan batu bata ini meliputi  hal-hal  mengenai  pengadaan bahan-bahan  dan  pemasangan semua  pekerjaan  pasangan batu bata seperti yang tertera  pada gambar.
Pelaksanaan pemasangan batu bata harus benar-benar mengikuti garis-garis ketinggian, bentuk-bentuk seperti yang terlihat dalam gambar-gambar persyaratan disini.
2.         BAHAN-BAHAN
1.    Batu Bata harus  baru, terbakar, keras, terbuat dari tanah liat yang terpilih sesuai dengan  persyaratan berlaku.
     Bilamana tidak terdapat bahan yang sesuai standar tersebut diatas, maka Konsultan  Pengawas dapat menentukan jenis-jenis lain yang  ada dipasaran lokal dengan  persyaratan-persyaratan yang ditentukannya.
2.   Adukan/ spesi untuk seluruh  dinding batu bata  harus berupa campuran  1 semen : 5 pasir.
      Spesi khusus berupa "trasraam" dengan campuran 1 semen : 2 pasir digunakan  mulai permukaan beton sloof sampai setinggi 20 cm diatas pemukaan lantai.
3.   Contoh  bahan yang diusulkan untuk dipakai harus diserahkan kepada Konsultan Pengawas  dan Persetujuan  atas  bahan-bahan batu bata harus sudah didapat sebelum bahan yang dimaksud dibawa ke lapangan kerja untuk dipasang. Pengambilan contoh atas bahan-bahan yang telah berada dilapangan akan dilakukan  sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan Konsultan Pengawas guna keperluan pengujian.
      Bahan yang tidak sesuai akan ditolak dan segera disingkirkan dari lapangan.
3.         PENGERJAAN DAN PENYIMPANAN
Bahan-bahan untuk pekerjaan pasangan batu bata harus disimpan dengan cara-cara yang disetujui Konsultan Pengawas, untuk menghindarkan dari segala hal yang dapat  mengakibatkan  kerusakan  terhadap bahan tersebut.
4.         PELAKSANAAN
Pemasangan batu bata yang dilaksanakan harus dipasang rata, tegak dan lajur dan penaikannya  diukur  tepat dengan tiang lot, dan  kecuali bilamana tidak diperlihatkan dalam gambar-gambar maka setiap lajur naik, bata harus putus sambungan dengan lajur bawahnya. Sebelum pekerjaan pemasangan dilaksanakan bata/ batako harus direndam/ dibasahi dengan air dahulu. Beton untuk  sloof,  kolom  praktis  dan ringbalk dipasang untuk setiap luas dinding maksimum 12 m2. Sesuai jam kerja, seluruh lajur pasangan batu bata yang belum selesai, harus ditutup (dilindungi) dengan kertas  semen,  atau  dengan cara-cara lain  yang  disetujui  oleh  Konsultan Pengawas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar