Kamis, 11 Oktober 2012

PEKERJAAN LANTAI DAN DINDING KERAMIK


Adukan :

Adukan pekerjaan lantai keramik memakai perbandingan 1 Pc : 5 Ps dipakai untuk pemasangan lantai keramik dan ketebalan aduk maksimal 3 cm. dan untuk adukan rabat beton memekai 1 Pc : 3 Ps : 5 Kr dengan ketebalan rabat 7 cm.
 
Pelaksanaan Pekerjaan :



  1. Pemasangan lantai keramik diatas urugan pasir T.5 cm, terlebih dahulu diteliti dahulu kebenaran ukuran dan pasir urug dibawahnya serta kepadatan peil yang ditentukan
  2. Semua lantai keramik yang akan dipasang terlebih dahulu direndam dalam air, pengisian siar – siar harus cukup merata dan padat ,setelah dibersihkan dari kotoran, pemolesan siar – siar lantai dapat dilakukan dengan air semen
  3. Pekerjaan lantai yang tidak lurus / tidak waterpass, turun naik dan retak harus dibongkar dan diperbaiki atas biaya rekanan, lantai yang sudah terpasang dipeil dan dibersihkan
Pekerjaan Dinding Keramik :

BAHAN-BAHAN :
1.  Keramik
Keramik yang dipergunakan adalah keramik berukuran 20x25cm, produksi dalam negeri setaraf produksi Mulia. Warna akan ditentukan kemudian.
2.   Adukan
Adukan terdiri dari 1 pc : 3 pasir. Bahan perekat keramik yang akan dipergunakan untuk pemasangan pada  dinding adalah Portland Cement biasa yang disetujui Ahli.
3.   Air
                Air harus bersih dan bebas  dari  asam, alkali dan organik lainnya 



PELAKSANAAN DINDING KERAMIK:
1.   Pada permukaan dinding beton/bata merah yang ada, keramik dapat langsung diletakkan, dengan menggunakan  perekat spesi 1 pc : 3 pasir, diaduk baik memakai larutan supercement, jumlah pemakaian  adalah 1 %  dari  berat  semen yang dipakai dengan tebal adukan tidak  lebih 1,5 cm atau bahan perekat khusus, dengan memperhatikan sehingga mendapatkan ketebalan  dinding seperti tertera pada gambar.
2.   Keramik yang dipasang adalah yang telah  diseleksi dengan baik, warna, motif keramik harus sama tidak boleh retak, gompal atau cacat lainnya.
3.   Pemotongan  keramik harus menggunakan alat potong khusus untuk itu, sesuai petunjuk pabrik.
4.   Sebelum  keramik dipasang, keramik terlebih dahulu harus direndam air sampai jenuh.
5.   Pola keramik harus memperhatikan ukuran/letak dan  semua  peralatan yang  akan  terpasang  di dinding seperti :  panel, stop kontak, lemari gantung dan lain-lain yang  tertera di  dalam gambar.
         6.    Ketinggian peil tepi atas pola keramik disesuaikan gambar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar